Jenis jenis Logam


     
Logam adalah unsur kimia yang mempunyai sifat-sifat kuat, liat, keras, penghantar listrik dan panas, serta mempunyai titik cair tinggi. Bijih logam ditemukan dengan cara penambangan yang terdapat dalam keadaan murni atau bercampur. Bijih logam yang ditemukan dalam keadaan murni yaitu emas, perak, bismut, platina, dan ada yang bercampur dengan unsur-unsur seperti karbon, sulfur, fosfor, silikon, serta kotoran seperti tanah liat, pasir, dan tanah.

Logam ialah unsur yang jumlahnya paling banyak di bumi ini. Macam-Macam logam memiliki sifat dan juga kegunaanya masing-masing. yang pada saat ini , ada 65 logam yang terbentuk dengan secara alami di bumi, tetapi hanya sedikit yang dapat dimanfaatkan dengan cara yang benar dan baik.

Berikut adalah jenis-jenis logamnya


1. Besi (Fe)

   Merupakan jenis logam yang paling sering digunakan dan paling banyak jumlahnya dan paling umum digunakan di bumi ini, mulai dari pembuatan baut, mur, sampai besi beton untuk keperluan bangunan, logam ini memiliki sifat keras, kokoh tetapi mudah berkarat.


2. Alumunium (Al)

    Merupakan Jenis logam yang sering digunakan sebagai campuran baja ringan maupun untuk alat masak(tidak disarankan karena dapat memicu timbulnya racun pada makanan yang dimasak menggunakan logam ini), sparepart kendaraan dan masih banyak lagi sejatinya aumunium adalah jenis logam lunak.


3. Baja (Fe)

     Baja merupakan salah satu jenis logam yang banyak digunakan pada industri, besi dan baja memang sekilas mirip tetapi nyatanya sangat berbeda walaupun memang nama unsur kimianya sama. jika dibandingkan besi dan baja maka baja lah yang lebih kuat bahkan 1000 kali lebih kuat dari besi murni.

4. Tembaga









 www.google.com



Comments